Lets join to be our partner Join Now!

5 Cara Membedakan Charger Asli Dan Palsu

Bingung cara bedain mana yang charger asli dan charger palsu? Ikuti 5 langkah mudah ini supaya kamunbisa bedain mana charger aslu dan charger palsu! Tag : charger, asli, palsu, gadget, smartphone, tips, trik, cara, perbedaan, bedain, Hp, 5 cara mudah membedakan charger asli dan charher palsu
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

5 Langkah Membedakan Charger Asli Dan Charger Palsu

5 Langkah Mudah Membedakan Charger Asli Dan Charger Palsu

Bingung cara bedain mana charger yang asli dan palsu? Ikuti 5 langkah mudah ini supaya kamu bisa bedain mana charger asli dan palsu.

Baterai bagaikan sebuah nyawa dari gagdet itu sendiri. Tanpa baterai maka gadget kamu pasti akan mati dan tidak bisa digunakan. Apalagi kalo salah merawat baterai, bukanya baterai malah jadi sehat eh malah makin buruk. Nah salah satu cara merawat baterai adalah dengan menggunakan charger baterai yang asli yang berkualitas.

Banyak orang yang salah membeli charger palsu dengan iming iming harga yang murah. Padahal charger palsu juga berbahaya bagi smartphone kamu. Mungkin dampaknya tidak langsung kerasa tapi ada juga beberapa orang yang langsung terkena dampaknya. Misalnya saat sebuah charger bawaan / asli yang dibekali teknologi fast charging eh waktu beli charger palsu proses pengisianya malah jadi lama banget. Karena proses pengisian baterai yang lambat juga dapat memberi dampak lainya, salah satunya bisa membuat suhu smartphone kamu naik dan baterai kamu cepet kembung dan akhir ceritanya baterai kamu rusak.

Nah kakak punya 5 tips mudah membedakan charger asli dengan charger palsu yang bisa kamu praktekan sendiri di rumah. Awalnya kakak sendiri sebelum tahu 5 tips ini juga sering membeli charger yang palsu, tapi setelah kakak tahu dampaknya kalo charger palsu bisa merusak baterai kakak langsung mencari cari caranya membedakan mana yang charger palsu dan mana yang charger asli. Dan akhirnya kakak ketemu 5 tips ini dibeberapa situs.

Karena itulah, kakak tidak ingin kamu melakukan hal yang sama seperti kakak. Kakak tidak ingin kamu membeli charger yang salah lagi. Nah karena itu mari kita simak 5 langkah mudah membedakan mana yang charger palsu dan mana yang charger asli. Mau tau apa aja?

5 Langkah Mudah Membedakan Charger Asli Dan Charger Palsu


1. Beli Di Toko Resmi

Beli Di Toko Resmi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli charger ditempat resminya bukan ditempat tidak resminya. Biasanya di tempat tempat atau di toko resmi memberikan jaminan barang tersebut asli dan biasanya diberikan garansi.

2. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Jangan  Harga Murah

Membandingkan harga merupakan salah satu cara membedakan mana yang charger asli dan mana yang charger palsu. Biasanya charger palsu dijual dengan harga murah banget. Nah karena dijual dengan harga murah banget kamu jadi tergiur ingin membelinya. Ya iyalah karena moto kamu "pokok e kenek digawe ngecas" atau dalam bahasa indonesianya "pokoknya bisa dibuat ngecas".

Perlu kamu garis bawahi, bahwa charger palsu yang dihargai dengan harga yang murah itu mengilangkan beberapa komponen penting yang tujuanya sebagai safety / pengaman, contohnya menghilangkan komponen kestabilan dan daya tahan. Hal ini biasanya dilakukan untuk menekan harga jual sehingga bisa dijual harga yang murah.

3. Bandingkan Adapter Charger Asli Dengan Charger Palsu

Bandingkan Adapter Charger Asli Dengan Charger Palsu

Setelah kamu menahan godaan dari penjualan charger dengan harga murah, selanjutnya kamu bandingkan charger bawaan Smartphone kamu dengan charger yang akan kamu beli. Caranya dengan membawa charger asli kamu dari rumah kemudian bandingkan dengan charger yang akan kamu beli. Tujuanya supaya mempermudah kamu dalam membedakan charger palsu dan charger asli.

Jika kamu jeli kamu akan melihat sebuah perbedaan yang mencolok, misalnya kamu bisa bandingkan dari beberapa aspek. Contohnya : bentuk charger yang berbeda, warna charger yang berbeda, warna tulisan yang berbeda, tulisan keterangan tentang charger yang berbeda, dan pastikan juga struktur (bentuk) dari port USBnya, dan lain lainya yang bisa kamu cari sendiri. Jika salah satu / semua dari aspek tersebut berbeda dari charger asli yang kamu bawa, dapat dipastikan jika charger tersebut palsu.

4. Pastikan Juga Kabel USBnya

Pastikan Juga Kabel USBnya

Selain memperhatikan Adapter Charger, kamu juga harus memperhatikan kabel USBnya. Karena selain digunakan untuk mengisi baterai, kabel USB juga sebagai alat transfer file antara smartphone dan laptop. Jika ternyata kamu membeli kabel USB yang salah alias palsu, tentu akan mempengaruhi waktu pengisian baterai dan kabel USB palsu juga mempengaruhi proses transfer file antara smartphone dan laptop / komputer menjadi tidak maksimal.

Kamu bisa membedakan Kabel USB palsu dengan melihat beberapa aspek, seperti : panjang kabel, ketebalan kabel, dan warna kabel serta struktur colokan USBnya dan lain lainya. Biasanya charger palsu dibekali kabel USB yang panjang serta ketebalan yang lebih.

5. Pastikan Daya Listrik / Voltage / Ampere


Setelah kamu membedakan adapter charger dan kabel USBnya. Pastikan juga bahwa charger tersebut kompatibel dengan smartphone kamu dan juga pastikan juga charger tersebut berfungsi. Caranya dengan mencolokkan charger tersebut ke listrik kemudian sambungkan kabel USBnya dengan smartphone kamu.

Selain memperhatikan berfungsi tidaknya charger tersebut dengan smartphone kamu, kamu juga harus mengecek daya listrik / voltage / apalah apakah sama atau sesuai dengan yang tertulis di kepala charger tersebut.
Pastikan Daya Listrik / Amper/ Voltage

Caranya bisa kamu gunakan dengan aplikasi Ampere. Aplikasi ampere ini berkerja dengan menghitung besaran daya yang masuk ke smartphone kamu saat dicas. Caranya kamu download terlebih dahulu aplikasi ampere nya, kemudian kamu instal. Setelah kamu instal jalankan aplikasinya, pastikan juga kamu sedang melakukan  pengisian baterai.


Setelah aplikasi ampere ini berjalan, aplikasi ampere ini akan mencari informasi tentang tegangan dan arus yang masuk ke smartphone. Begitu hasilnya keluar segera samakan hasil yang tertera pada aplikasi ampere ini dengan yang tertulis yang ada di kepala charger. Jika kenyataanya hasil yang keluar dari aplikasi ampere ini tidak sama dengan tulisan yang ada di kepala charger. berarti kamu harus curiga kalo charger tersebut palsu. Apalagi jika nila angka voltasenya dan dayanya lebih kecil / berbeda dari yang tertulis. Dapat dipastikan charger tersebut palsu.


Setelah charger tersebut lolos dari 4 kriteria ini, baru kamu bisa membeli charger tersebut dengan aman.


Itulah 5 langkah mudah membedakan charger asli dan charger palsu dari kakak yang bisa kamu praktekan sendiri. Kakak sendiri pernah membeli charger palsu dan waktu kakak tahu kalo charger tersebut palsu, hati kakak terasa broken, nyesek banget! Karena itu kakak tidak ingin hal yang terjadi pada kakak juga terjadi pada kamu.

jika menurutmu artikel ini menarik kamu bisa share artikel ini ke keluargamu, saudaramu, pacarmu atau temanmu. Oh iya jika kamu punya tips lain dalam membedakan charger asli dan charger palsu kamu bisa memberi tahukan kepada kakak lewat kolom komentar.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.