Lets join to be our partner Join Now!

11 Tips Menjaga Kesehatan Baterai

Cepat hindari! 11 hal terlarang ini ternyata masih Serung dilakukan orang orang. Apakah kamu salah satunya?
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

11 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Agar Tetap Awet Dan Sehat

11 Larangan ini yang tidak boleh dilakukan jika ingin baterai mu tetap sehat dan awet

Cepat hindari! 11 hal terlarang ini ternyata masih sering dilakukan orang orang! Apakah kamu salah satunya?

Terkadang kesalahan yang sepele sering sekali kamu lakukan. Hal ini terus menerus kamu lakukan tanpa tau dampak akibat yang ditimbulkan. Akibatnya tiba tiba saja hal yang tak pernah kamu bayangkan dan tak kamu inginkan pun terjadi. Sama halnya dengan gadget, Merawat gadget perlu kehati hatian. Terutama baterai, karena baterai sangat penting bagi gadget

Nah, ternyata 10 hal sepele ini sering kamu lakukan loh bahkan kakak sendiri baru tahu kalo 10 hal ini tidak boleh dilakukan. Karena itu kakak tidak ingin 10 hal ini terus dilakukan umat manusia dan sebab itu kakak menuliskan artikel ini. Mau tau apa saja 10 larangan itu?

11 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Supaya Tetap Awet Dan Sehat


1. Jangan Bermain Hp Saat Ngecas

Jangan Bermain Hp Saat Ngecas

yang pertama ini pasti pernah dilakukan setiap pengguna gadget. Entah itu karena terpaksa atau karena ingin terus bermain smartphone. Tapi tahukah kamu? Ternyata Bermain Hp Saat Smartphone sedang mengisi daya ini sebenarnya tidak boleh dilakukan. Kenapa? Karena, selain bisa merusak kesehatan baterai dan mengurangi umur ternyata juga bisa memperlama proses pengecasan loh.

2. Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Terlalu sering menggunakan power bank juga berbahaya banget bagi kesehatan baterai kamu. Karena panas yang dikeluarkan dari power bank ini dapat mengganggu kesehatan baterai. Jadi gunakan power bank hanya dalam keadaan darurat.

3. Mengecas Di Suhu Yang Ekstrim


Mengecas di suhu yang ekstrim, entah itu saat suhu terlalu panas atau dingin sangat tidak disarankan sama sekali. Karena baterai menjadi tidak stabil dan harus berkerja lebih keras.

4. Terlalu Sering Menggunakan Charger Nirkabel

Terlalu Sering Menggunakan Charger Nirkabel

Sama halnya dengan menggunakan Power Bank. Terlalu sering mengecas menggunakan nirkabel (tanpa kabel) juga tidak terlalu baik. Karena walaupun sebenarnya terlihat praktis dan mudah ternyata panas yang dikeluarkan dari charger jenis ini memancarkan panas yang berlebihan dari pada yang lainya sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan bateraimu dan dapat memperpendek usia baterai kamu.

5. Kabel Charger Terlalu Panjang

Kabel Charger Terlalu Panjang

Kabel Charger yang panjang biasanya digunakan bila stop kontak terlalu jauh dari tempat smartphone. Tapi tahukah kamu? Terlalu sering menggunakan kabel charger yang terlalu panjang bisa memperlama proses pengecasan hp kamu. Karena kabel charger yang terlalu panjang membuat daya yang mengalir tidak terlalu stabil atau bahkan bisa menghilang. Oleh Mm,kkarena itu, mengisi daya dengan kabel charger yang lebih pendek lebih cepat dari pada mengisi daya dengan kabel yang chager yang panjang.

6. Mengisi Baterai Saat Benar Benar 0% (Habis)

 Mitos! Baterai Baru Harus Di Charge Hingga Penuh

Mengecas baterai mulai dari 0% juga sangat tidak disarankan. Jika sering kamu lakukan justru hal tersebut dapat memperpendek umur baterai karena menambah tegangan bisa membuat baterai semakin tertekan.

7. Mitos! Baterai Baru Harus Di Charge Hingga Penuh


Hal inilah yang secara turun temurun terus dilakukan pengguna gadget. Sebenarnya mengecas baterai yang baru dibeli hingga penuh agar baterai lebih sehat dan awet sebenarnya tidak perlu dilakukan, karena hal ini adalah mitos. Nyatanya kamu masih bisa menggunakan baterai yang baru tanpa harus di charge terlebih dahulu.

8. Mengecas Hp Saat Sedang Tidur / Semalaman

Mengecas Hp Saat Sedang Tidur / Semalaman

Apa yang terjadi bila sebuah balon yang sudah besar tetapi terus diisi secara terus menerus? Pastilah balon tersebut akan meledak, nah hal ini juga berlaku pada baterai jika terlalu lama mengecas. OverCharging atau terlalu lama mengecas sangatlah berbahaya bagi kesehatan baterai kamu. Karena selain bisa menurunkan kesehatan baterai dan memperpendek usia baterai kamu secara drastis, overcharging juga bisa membuat baterai kamu bisa tiba tiba meledak loh. Bah ledakan smartphone ini juga bisa kan nyawamu Jadi bahaya banget. Kecuali jika kamu menggunakan charger otomatis yang mampu memotng aliran listrik ketika sudah penuh kamu boleh mengecas semamumu.

9. Mengecas Baterai Menggunakan Laptop

Mengecas Baterai Menggunakan Laptop

Mengecas smartphone yang seperti ini juga berbahaya. Hal ini sama seperti no 5. aliran daya yang berasal dari laptop terlalu kecil sehingga proses pengecasan jadi terlalu lama. Selain itu pengecasan yang seperti ini juga bisa menganggu kesehatan baterai smartphone kamu dan juga mengganggu kesehatan baterai laptop kamu. Wow double kill!

10. Mengecas Hp Di Kasur Yang Empuk Dan Nyaman

Mengecas Hp Di Kasur Yang Empuk Dan Nyaman

Mengecas di tempat yang empuk atau ditempat empuk lainya juga berbahaya loh. Karena panas yang dihasilkan ketika mengisi baterai akan semakin bertambah jika ditempatkan pada tempat yang empuk empuk, seperti kasur. Sebaiknya sambil menunggu baterai penuh, tempatkan smartphone kamu di tempat yang keras seperti lantai, meja, genteng, atap rumah, tembok, Batu, aspal jalan, dan lain lain.

11. Menggunakan Charger Bajakan

Menggunakan Charger Bajakan

Menggunakan Charger bajakan sebenarnya tidak dapat menjamin baterai kamu dan Hp kamu aman. Selain kualitas Charger yang patut dipertanyakan. Hasil output charger juga perlu dipertanyakan. Terkadang hasil output charger bajakan tidak sesuai seperti yang kamu lihat, misalnya hasik output tertulis didepanya sebesar 2A tetapi aslinya bisa saja dibawah 2A.

Itulah 11 tips yang bisa membuat baterai kamu tetap awet dan sehat yang sering kamu lakukan tanpa kamu sadari. Kakak sendiri masih sering melakukan kebiasaan diatas, apalagi no 1, 5, 8, 10, mungkin 11 juga. Maklumlah kakak juga manusia yang sering khilaf tapi jarang tobat, hehehe. Jangan lupa share artikel ini ke teman temanmu / saudaramu / pacarmu / keluatgamu bila menurut kamu artikel ini menarik.

Jadi dari 11 kebiasaan diatas nomor mana yang sering kamu lakukan?

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.